Masing-Masing Foto Mobil Terurai Ini Butuh Dua Bulan Pengerjaan

Orang Swiss dikenal sebagai bangsa yang teliti dan presisi, terbukti dengan banyaknya produk yang membutuhkan dua hal diatas diproduksi di Swiss, misalnya jam tangan serta banyak peralatan industri dan laboratorium. Fotografer sekaligus seniman asal Swiss, Fabian Oefner membuktikannya dalam bidang fotografi.

Fabian membuat proyek dengan hasil akhir seri foto dengan masing-masing komponennya tanmpak mulai terlepas dari induknya. Dari bagian pintu, knalpot sampai sekrup terkecil tampak mulai terurai dalam foto-foto Fabian ini.

Dari video diatas, anda bisa melihat apa yang sebenarnya dilakukan Fabian bukanlah dengan menghancurkan sebuah mobil sembari memotretnya dengan teknik high speed. Fabian menggunakan replika mobil yang sangat mirip, kemudian dengan teliti mempreteli komponen-komponen penyusunnya. Setelah terurai, dia akan membuat sketsa hasil akhir foto yang diinginkannya. Puas dengan susunan sketsa, Fabian lalu membawa komponen tersebut ke studio, lalu memotretnya sesuai posisinya dalam sketsa. Agar cahaya dan posisi masing-masing komponen persis dengan sketsa yang digambarnya, Fabian menggunakan tali dan styrofoam untuk mengunci posisi masing-masing komponen lalu memotretnya satu persatu. Tahap terakhir adalah menggabungkan masing-masing foto ini menjadi satu foto dengan photoshop.

Oefner disintegrating 5

Oefner disintegrating 6

Perlu waktu hampir dua bulan untuk menyelesaikan sebuah foto dalam seri ini, sungguh sebuah komitmen yang patut diacungi jempol.

Oefner disintegrating 1

Oefner disintegrating 4

Oefner disintegrating 7

Oefner disintegrating 3

Proyek ini dia namai The Disintegrating, dan merupakan bagian dari eksibisi seni kinetik yang diadakan oleh MB&F M.A.D.Gallery. Kunjungi juga website pribadi Fabian Oefner untuk melihat beberapa proyek lain yang dia kerjakan.

Hak cipta semua foto diartikel ini adalah Fabian Oefner.

Tinggalkan komentar